HUBUNGAN POLA ASUH DOMINAN ORANG TUA DENGAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM PADA USIA BALITA

Authors

  • Jibrilian Angelin Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Henny Cahyaningsih Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Haris Sofyana Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Sri Kusmiati Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Nursyamsiyah Nursyamsiyah Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Metia Ariyanti Ariyanti Poltekkes Kemenkes Bandung

DOI:

https://doi.org/10.34011/jkifn.v2i2.104

Keywords:

pola asuh, temper tantrum

Abstract

 

ABSTRAK

Orang tua banyak menemui permasalahan dalam proses tumbuh kembang anak seiring dengan semakin kompleksnya keterampilan yang harus dipelajari anak serta bertambahnya usia anak. Salah satunya adalah perilaku temper tantrum atau sering disebut tantrum. Anak-anak usia 2-5 tahun meluapkan frustasinya dengan mengamuk, jika hal tersebut berlangsung terlalu sering maka dikatakan tidak normal. Pentingnya pola asuh orang tua dalam menghadapi masalah yang terjadi pada anak karena ikatan kebersamaan dan ikatan emosional yang dapat mengidentifikasi diri mereka sebagai anggota keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh dominan orang tua dengan kejadian temper tantrum pada usia balita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi korelasi.Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah responden sebanyak 48 anak usia 1-5 tahun. Instrumen yang digunakan adalah Kuisioner Pola Asuh Orang Tua dan Kuesioner Temper Tantrum. Hasil uji analisis chi square dengan tingkat kesalahan (Alpha) 0,05 diperoleh hasil yang signifikan (p=0,015). Maka disimpulkan Ho ditolak sehingga adanya hubungan pola asuh dominan orang tua dengan kejadian temper tantrum pada usia balita. Bagi setiap orang tua diharapkan dapat memberikan pola asuh yang baik yaitu pola asuh yang diberikan sesuai dengan tempat, kondisi, dan masalahnya sehingga tidak menimbulkan kebingungan dan stres bagi anak.

Kata Kunci : Pola asuh orang tua, perilaku temper tantrum

 

ABSTRACT

Many parents encounter problems in the process of growth and development of children along with the increasingly complex skills that must be learned by children and increasing age of the child. One of them is temper tantrum behavior or often called tantrum. Children aged 2-5 years express their frustration by throwing a tantrum, if it goes on too often it is said to be abnormal. The importance of parenting parents in dealing with problems that occur in children because of the bond of togetherness and emotional ties that can identify themselves as family members. This study aims to determine the relationship of dominant parenting with the incidence of temper tantrums at the age of five. This study uses a correlation study. The sampling technique used is total sampling with 48 respondents aged 1-5 years. The instruments used were the Parenting Parenting Questionnaire and the Temper Tantrum Questionnaire. Chi square analysis test results with an error rate (Alpha) of 0.05 obtained significant results (p = 0.015). So it was concluded that Ho was rejected so there was a relationship between the dominant parenting style with the incidence of temper tantrums at the age of five. For every parent, it is expected to be able to provide good parenting, namely parenting provided according to the place, condition, and the problem so that it does not cause confusion and stress for the child.

Keywords: Parenting method, temper tantrum behavior

 

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles