Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepercayaan Diri Remaja Awal di SMPN 29 Kota Bandung

Authors

  • Adzkiya Jazilatur Rohmah
  • Tati Suheti Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Supriadi Supriadi Poltekkes Kemenkes Bandung

DOI:

https://doi.org/10.34011/jkifn.v3i1.1366

Keywords:

Kepercayaan diri, pola asuh , Remaja awal

Abstract

Siswa Sekolah menengah pertama (SMP) dapat diartikan sebagai sekumpulan individu yang mengikuti kegiatan belajar mengajar dan memasuki masa remaja awal. Pola asuh orang tua adalah bagian penting yang bisa mempengaruhi rasa percayaan diri remaja. Kini banyak remaja yang mempunyai kepercayaan diri rendah di Kota Bandung ditemukan sekitar 19% remaja SMP mempunyai kepercayaan diri yang rendah, sedangkan di SMPN 29 Kota Bandung sendiri terdapat 15% siswa memiliki kepercayaan diri rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri remaja awal di SMPN 29 Wilayah Kerja UPT Puskesmas Ledeng Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik cross sectional. Sampel yang diambil menggunakan teknik proporsional random sampling sebesar 87 orang kelas 7 dan 8. Pengumpulan data menggunakan alat ukur kuesioner dengan cara menyebarkan angket (google form) dan dianalisis menggunakan chi square dengan hasil penelitian menunjukkan nilai ρ value 0,016 (p<0,05). Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut adalah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri remaja awal di SMP Negeri 29 wilayah kerja UPT Puskesmas Ledeng Kota Bandung, dengan pola asuh orang tua pada remaja awal hampir setengahnya(37,9%) permisif dan kepercayaan diri remaja awal hampir setengahnya(43,7%) sedang. Berdasarkan hal tersebut peneliti menyarankan agar orang tua lebih mengoptimalkan pola asuh demokratis karena dapat meningkatkan rasa percaya diri remaja awal.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles