ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY.E DI PUSKESMAS MALANGBONG KABUPATEN GARUT

Main Article Content

Natasha Regina Putri
Lola Noviani Fadilah

Abstract

          Proses kehamilan, persalinan, nifas, dan kelahiran BBL merupakan siklus fisiologis yang dialami oleh seorang perempuan. Meskipun hal tersebut adalah hal yang fisiologis, tetap akan mengalami perubahan fisik maupun psikologis yang akan menimbulkan ketidaknyamanan utamanya pada ibu hamil trimester 3. Peran bidan sangatlah dibutuhkan untuk mendampingi perempuan dalam mengatasi ketidaknyamanan tersebut. Penerapan continuity of care penting dilakukan oleh bidan karena memberikan dampak positif bagi perempuan dan memberikan outcome yang baik, sebab continuity of care dapat memudahkan bidan dalam melakukan deteksi dini komplikasi.


            Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder yang dilakukan sejak Bulan Januari - Mei 2023 di Puskesmas Malangbong Kabupaten Garut. Asuhan diberikan sejak usia kehamilan ibu 39 Minggu hingga masa nifas KF4, serta asuhan pada neonatus hingga KN3.


            Hasil penelitian didapatkan bahwa pada asuhan kehamilan didapatkan ketidaknyamanan berupa sering buang air kecil. Proses persalinan berlangsung secara normal dan ibu datang saat fase persalinan telah memasuki kala II. Tidak terdapat permasalahan selama masa nifas, produksi ASI sangat banyak. Dilakukan perawatan payudara, senam nifas dan konseling KB. Asuhan pada BBL berjalan lancar, tidak terdapat masalah apapun pada bayi. Bayi telah mendapatkan imunisasi HB0. Imunisasi BCG serta polio 1 akan diberikan saat usianya genap satu bulan. Dilakukan pijat bayi saat KN 3.


            Asuhan yang dilakukan telah sesuai dengan manajemen kebidanan. Diharapkan bidan dapat melakukan penerapan continuity of care secara komprehensif sesuai kebutuhan pasien dan sesuai kewenangan profesi bidan yang telah ditetapkan.

Article Details

How to Cite
Regina Putri, N., & Noviani Fadilah, L. . (2023). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY.E DI PUSKESMAS MALANGBONG KABUPATEN GARUT. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(1), 553-565. https://doi.org/10.34011/jks.v4i1.1515


Section
Articles