ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY.R DENGAN PENERAPAN PIJAT OKSITOSIN DI PUSKESMAS SUKAKARYA KABUPATEN GARUT

Main Article Content

Dea Dea Ayu Febrianti
Neneng Neneng Widaningsih

Abstract

Asuhan kebidanan komprehensif merupakan pelayanan yang dilakukan secara berkelanjutan sejak masa hamil, persalinan, nifas hingga bayi baru lahir. Primipara mendapatkan pengalaman pertama dalam proses persalinan dan menjadi orang tua, hal ini mempengaruhi psikologis ibu sehingga dapat menyebabkan stress. Kondisi stress menyebabkan peningkatan hormon kortisol, dan berdampak dalam penurunan hormon oksitosin sehingga produksi ASI menurun, maka dari itu klien diberikan pijat oksitosin untuk merelaksasi,  meningkatkan produksi ASI, mempercepat involusi uterus. Tujuan Laporan Tugas Akhir ini untuk memberikan asuhan kebidanan komprehensif dengan menerapkan pijat oksitosin pada Ny.R di Puskesmas Sukakarya Kabupaten Garut.


      Metode dalam menyusun Laporan Tugas Akhir yaitu studi kasus dengan manajemen kebidanan komprehensif dimulai dari bulan Januari hingga Maret 2023 di wilayah Puskesmas Sukakarya Kabupaten Garut. Subjek dari asuhan ini Ny.R  dengan masa `kehamilan 39 minggu sampai masa postpartum dan bayi Ny.R umur 0 - 8 hari. Teknik pengumpulan data berasal dari data primer dan sekunder.


      Setelah dilakukan pijat oksitosin klien  merasa rileks, produksi ASI meningkat hingga muncul refleks let down, dan mempercepat involusi uterus. Proses persalinan normal tanpa komplikasi,bayi lahir spontan dengan keadaan baik. Saat nifas tidak terjadi komplikasi dan ibu telah dipasang KB IUD Post placenta.


      Asuhan komprehensif telah diberikan dan pemberian rangsangan hormon oksitosin diberikan dengan pijat oksitosin. Diharapkan penulis dapat melakukan asuhan komprehensif yang berkualitas.

Article Details

How to Cite
Dea Ayu Febrianti, D., & Neneng Widaningsih, N. (2024). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY.R DENGAN PENERAPAN PIJAT OKSITOSIN DI PUSKESMAS SUKAKARYA KABUPATEN GARUT. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(3), 1192-1207. Retrieved from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1539


Section
Articles