ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF DENGAN PENERAPAN HYPNOBIRTHING PERSALINAN DI PUSKESMAS CILAWU KABUPATEN GARUT

Main Article Content

Tiara Tiara Meylani
Riana Riana Pascawati

Abstract

     


Upaya deteksi dini untuk mengatasi kesakitan dan kematian baik ibu, bayi dan balita dapat dilakukan dengan implementasi asuhan berkelanjutan atau Continuity of Care (COC). Ibu hamil yang mengalami kecemasan dalam menghadapi persalinan diperlukan asuhan komplementer yang membuat ibu menjadi rileks dan tenang. Penerapan hypnobirthing saat persalinan menjadi salah satu penerapan yang dapat digunakan untuk mengetahui pengaruh hypnobirthing terhadap kecemasan pada ibu hamil.


Studi kasus ini memberikan asuhan kebidanan secara komprehensif yang dimulai dari usia kehamilan 39 minggu, persalinan, nifas dan bayi baru lahir yang dilakukan di rumah klien dan Puskesmas Cilawu Kabupaten Garut. Asuhan kebidanan komprehensif dilakukan pada bulan Februari sampai Maret 2023 di Desa Ngamplang Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut.


Pada saat melakukan asuhan kehamilan didapatkan pengkajian mengalami kecemasan dalam menghadapi persalinan sehingga memberikan teknik relaksasi dan memberikan afirmasi positif kepada ibu bahwa persalinan bisa berjalan dengan aman. Asuhan persalinan yang dilakukan dapat mengurangi rasa nyeri dan cemas sehingga diberikan penerapan hypnobirthing. Asuhan masa nifas berlangsung dengan baik secara keseluruhan dan ibu dalam keadaan normal. Asuhan pada bayi baru lahir tidak ditemukan adanya kelainan atau masalah kesehatan.


Asuhan komprehensif yang sudah dilakukan untuk memantau kesehatan ibu dan bayi. Asuhan tersebut dilaksanakan berdasarkan manajemen dan standar pelayanan kebidanan, dari kasus ini didapatkan permasalahan yang sudah teratasi dengan diberikannya asuhan komprehensif sesuai evidence based.


 

Article Details

How to Cite
Tiara Meylani, T. ., & Riana Pascawati , R. . (2024). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF DENGAN PENERAPAN HYPNOBIRTHING PERSALINAN DI PUSKESMAS CILAWU KABUPATEN GARUT . Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(3), 1069-1078. Retrieved from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1606


Section
Articles