OVERVIEW OF THE IMPLEMENTATION OF PRE-MARITAL MENTORING FOR STUNTING PREVENTION BY THE FAMILY TEAM (TPK) (PRELEMINARY RESEARCH)

Main Article Content

Eneng Solihah
Uyu Wahyudin
Asep Saepudin

Abstract

Stunting merupakan masalah kesehatan serius, prevalensi di Indonesia sebesar 21,6% Pendampingan pra-nikah merupakan salah satu upaya pencegahan stunting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pendampingan calon pengantin oleh tim pendamping keluarga dalam upaya pencegahan stunting. Penelitian ini menggunakan metode gabungan (mixed methods) dengan pendekatan explanatory sequential. Pengumpulan data dilakukan secara bertahap, dimulai dengan data kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan data kualitatif. Populasi seluruh TPK di Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Sampel 25% dari populasi yaitu 33 orang. Teknik pengambilan sampel secara acak sederhana. Variabel adalah variabel statis, baik untuk karakteristik pendamping maupun pendampingan. Instrumen data kuantitatif menggunakan kuesioner, dianalisis secara bivariat, Instrumen data kualitiatif menggunakan pedoman wawancara berkembang, dianalisis dengan mereduksi jawaban. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan pendamping terbanyak SMA (39%), komposisi SDM tim 50% kader, pengalaman menjadi pendamping 81,85% £ 1 tahun, seluruhnya belum pernah pelatihan pendampingan calon pengantin, tidak ada media pembelajaran, tidak membuat rencana kerja 81,81%, tidak melaksanakan edukasi skrining pra nikah 63,64%, tidak menindaklanjuti hasil skrining 90,91% pelaksanaan pendampingan kelompok risiko 12,12%. tidak melakukan pencatatan dan pelaporan 21,21%. Penelitian ini menyimpulkan pelaksanaan pendampingan calon pengantin belum sesuai pedoman pendampingan. Disarankan untuk menyusun model penguatan kompetensi pendamping calon pengantin untuk meningkatkan kinerja dalam pendampingan calon pengantin dengan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pedoman pelaksanaan

Article Details

How to Cite
Solihah, E., Wahyudin, U., & Saepudin, A. (2024). OVERVIEW OF THE IMPLEMENTATION OF PRE-MARITAL MENTORING FOR STUNTING PREVENTION BY THE FAMILY TEAM (TPK): (PRELEMINARY RESEARCH). Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 34(4), 1044-1061. https://doi.org/10.34011/jmp2k.v34i4.2561


Section
Articles

References

Kemenkes RI, “Factsheets: Stunting di Indonesia dan Determinannya,” Ski, pp. 1–2, 2023.

World Bank, Repositioning Nutrition as Central to Development: A strategy for Large-Scale Action, vol. 13, no. 9. 2006.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes), “Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf,” Lembaga Penerbit Balitbangkes. p. 674, 2018.

Kemenkes RI, “Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022,” Kemenkes, pp. 1–150, 2022.

Lusi Winanda Restu, “Stunting,” Jakarata, 2022. [Online]. Available: https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3012-stunting,-apa,-penyebab-dan-upaya-penanganannya.html

World Bank, “Water Supply and Sanitation in Indonesia Turning Finance into Service for the Future,” no. May, pp. 1–88, 2015.

Perpres, “Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting,” Republik Indones., no. 1, p. 23, 2021.

M. W. Lestari, A. Tajmiati, and P. Sulistyo, “Development of Pingit Education Model for Increasing Knowledge and Behaviour of Prospective Bride in Stunting Prevention,” Proc. 1st UMSurabaya Multidiscip. Int. Conf. 2021 (MICon 2021), pp. 1067–1072, 2023, doi: 10.2991/978-2-38476-022-0_119.

E. Lestari et al., “Correlation Between Information Support to Knowledge and Attitude of,” J. Ris. Kesehat. Poltekkes Depkes Bandung, vol. 15, no. 2, 2023, doi: https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v15i2.2195.

D. S. Sumardilah, R. P. Astuti, and A. Aprina, “The Influence of Pre-Marriage Class on Knowledge of Bride and Groom in Prevention of Stunting Toddlers,” J. Aisyah J. Ilmu Kesehat., vol. 7, no. 1, pp. 309–316, 2022, doi: 10.30604/jika.v7i1.920.

et al Kamsiah, “Pendampingan Dan Pembinaan Kelompok Smart Edukasi Kesehatan Dalam Pencegahan Stunting Di Desa Sari Mulyo Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma,” vol. 2, no. 9, pp. 1–14, 2023, [Online]. Available: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

K. Widjajanti, “Model Pemberdayaan Masyarakat,” Ekon. Pembang., vol. 12, no. 1, pp. 15–27, 2011.

D. dkk Mario, “Stop Stunting! Wujudkan Anak-Anak yang Bergizi Cukup Tanpa Adanya Gizi Buruk,” no. August, p. 1, 2022, [Online]. Available: http://kkn.undip.ac.id/?p=337108

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, “Peraturan direktur jenderal bimbingan masyarakat islam nomor : DJ.II/542 tahun 2013,” pp. 1–22, 2013, [Online]. Available: https://jateng.kemenag.go.id/o_l_d/assets/upload/suratedaran1551081028phkg1412773940.pdf

R. Fauzia, “Begini Alur Penggunaan Aplikasi ELSIMIL Versi 2.0 28,” no. March, Jakarta, pp. 0–1, 2023.

E. Sjølie, A. Strømme, and J. Boks-Vlemmix, “Team-skills training and real-time facilitation as a means for developing student teachers’ learning of collaboration,” Teach. Teach. Educ., vol. 107, p. 103477, 2021, doi: 10.1016/j.tate.2021.103477.

P. Leavy, Research Design. New York London, 2017.

E. S. Alindariani, D. Didah, A. Indra, D. S, and S. A, “Peningkatan Kapasitas Kader tentang Upaya Deteksi Dini Stunting pada Balita dengan Pelatihan Daring,” Media Karya Kesehat., vol. 5, no. 1, pp. 1–14, 2022, doi: 10.24198/mkk.v5i1.35261.

M. Knowles, The Adult Learner : A Neglect Species, no. 1. 1980. [Online]. Available: http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED084368.pdf

S. Nurhasanah, M. Kamil, A. Saepudin, D. Pendidikan, L. Sekolah, and F. Ilmu, “Pelatihan Pendamping Sosial,” Pedagog. J. Ilmu Pendidik., vol. 13, pp. 205–217, 2015.

et all Gill Harvey, “Getting Evidence into practice : the role and function of facilitation,” Chinese Phys. C, vol. 37, no. 8, pp. 577–588, 2002, doi: 10.1088/1674-1137/37/8/087005.

A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.

R. Heffernan, K. Brumpton, D. Randles, and J. Pinidiyapathirage, “Acceptability, technological feasibility and educational value of remotely facilitated simulation based training: A scoping review,” Med. Educ. Online, vol. 26, no. 1, 2021, doi: 10.1080/10872981.2021.1972506.

J. Morimoto and F. Ponton, “Virtual reality in biology: could we become virtual naturalists?,” Evol. Educ. Outreach, vol. 14, no. 1, pp. 1–13, 2021, doi: 10.1186/s12052-021-00147-x.

R. Husain and N. Djafri, “Tutor competence training and work commitment to learning quality of Paket C,” Int. J. Innov. Res. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 46–64, 2023, doi: 10.18844/ijire.v10i1.8979.

N. De Vega and A. Arifin, “Teachers’ Experiences of Implementing D-Learning,” in Proceedings of the 4th International Conference on Vocational Education and Technology, IConVET 2021, 27 November 2021, Singaraja, Bali, Indonesia, EAI, 2022. doi: 10.4108/eai.27-11-2021.2315536.

Nurul Audie, “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar,” Posiding Semin. Nas. Pendidik. FKIP, vol. 2, no. 1, pp. 586–595, 2019.

N. Health, C. Clinical, and T. Centre, “What is Mentoring,” Lancet, vol. 356, no. 9216, pp. 2000–2000, 2020, doi: https://doi.org/10.1016/S0140-6736(00)03229-3.

A. Szyma, “Mentoring as professional development for mentors,” vol. 8, no. 2, pp. 1–22, 2022, doi: https://doi.org/10.31261/TAPSLA.11716 Aleksandra.

C. M. Klinge, “A Conceptual Framework for Mentoring in a Learning Organization,” Adult Learn., vol. 26, no. 4, pp. 160–166, 2015, doi: 10.1177/1045159515594154.

A. Zvaigzne and I. Kotane, “Mentoring as one of the prerequisites for the development of the entrepreneurial environment,” Vide. Tehnol. Resur. - Environ. Technol. Resour., vol. 1, pp. 359–363, 2019, doi: 10.17770/etr2019vol1.4088.

I. Tim Kementerian Dalam Negri, Kementerian Kesehatan, Kemeterian Desa PDTT, BKKBN, TP PKK, Panduan Pelaksanaan Pendampingan Keluarga dalam upaya Percepatan Penurunan Stunting, no. 112. Jakarta: Direktorat Bina Penggerakan Lini Lapangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasiona, 2021.

N. Anindita, E. Daryati, M. N. Zhafirah, and M. Nurfadilah, The Implementation of Coaching and Counseling to Overcome Work Stress at Arcamanik District (Case Study at the District Office in West Java), vol. 1. Atlantis Press SARL, 2024.

M. A. Mavuso, “Mentoring as a Knowledge Management Tool in Organisations,” no. March, p. 75, 2007.

Sukmayenti and A. Sholihat, “Gambaran Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Kesiapan Calon Pengantin Wanita dalam Upaya Pencegahan Stunting di KUA Kuranji Kota Padang,” Sci. J., vol. 1, no. 5, pp. 376–382, 2022, doi: 10.56260/sciena.v1i5.70.

M. Daryono, SE and D. A. Sudjadi, “Implementation of Couching and Counseling Model,” JP FEB UNSEOD J. dan Proceeding, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2012, [Online].

Milwan and A. Sunarya, “Stunting Reduction in Indonesia: Challenges and Opportunities,” Int. J. Sustain. Dev. Plan., vol. 18, no. 7, pp. 2223–2231, 2023, doi: 10.18280/ijsdp.180727.

R. Rico, M. S?nchez-Manzanares, F. Gil, C. M. Alcover, and C. Tabernero, “Coordination process in work teams | Procesos de coordinaci?n en equipos de trabajo,” Papeles del Psicol., vol. 32, no. 1, 2021, doi: http://www.cop.es/papeles.

Z. W. Taylor and V. G. Black, “Talking to the mentees: exploring mentee dispositions prior to the mentoring relationship,” Int. J. Mentor. Coach. Educ., vol. 7, no. 4, pp. 296–311, 2018, doi: 10.1108/IJMCE-04-2018-0019.

K. Bakht, S. Mir, and S. A. Shah, “Nursing Teamwork: An in-Depth Concept Analysis with Walker & Avant’s Framework,” J. Heal. Rehabil. Res., vol. 4, no. 2, pp. 1500–1505, 2024, doi: 10.61919/jhrr.v4i2.1118.

et. a. Cut Ridzky Amelia Putri, “Global Health,” JAMA - J. Am. Med. Assoc., vol. 42, no. 3, pp. 89–99, 2023, doi: http://dx.doi.org/10.24815/tigh.v3i1.30105.

Ambia Nurdin et al., “Efektivitas Penyuluhan Stunting Pada Anak di Desa Meugit Kaye Panyang Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya,” J. Ilm. Kedokt. dan Kesehat., vol. 3, no. 1, pp. 01–07, 2023, doi: 10.55606/klinik.v3i1.2181.

H. W. Wulandari and I. Kusumastuti, “Pengaruh Peran Bidan, Peran Kader, Dukungan Keluarga dan Motivasi Ibu terhadap Perilaku Ibu dalam Pencegahan Stunting pada Balitanya,” J. Ilm. Kesehat., vol. 19, no. 02, pp. 73–80, 2020, doi: 10.33221/jikes.v19i02.548.

Astuti.A.D, “Efektivitas Program Pendampingan Kesehatan Pranikah dalam Meningkatkan Kesiapan Calon Pengantin di Jawa Tengah,” J. Kesehat. Reproduksi, vol. 8, no. 3, pp. 123–131, 2020.

Z. Muhamad et al., “Preliminary Study: The Effectiveness of Nutrition Education Intervention Targeting Short-Statured Pregnant Women to Prevent Gestational Stunting,” Nutrients, vol. 15, no. 19, pp. 1–11, 2023, doi: 10.3390/nu15194305.

A. Bandura, Social Learning. New Jersey: Prentice - Hall, Inc, 1976.

I. Kemendagri, Kemenkes, Kemdes, BKKBN, TP PKK, Panduan Pelaksanaan Pendampingan Keluarga dalam Upaya percepatan penurunan stunting. Jakarta: Direktorat Bina Pengerakan Lini Lapangan BKKBN, 2021.

BKKBN, “tugas dan fungsi tim pendamping keluarga dalam percepatan penurunan stunting,” Jakarta, 2023.

BKKBN, “Mekanisme Tim Pendamping Keluraga,” Jakarta, 2023.

BKKBN, Stunting, Tugas dan Fungsi Tim Pendamping Keluarga Dalam Percepatan Penurunan. Jakarta, 2023.

D. Yatimah, “Oleh Dr . Durotul Yatimah , MPd,” Strateg. Fasilitasi Perubahan Sos., vol. 3, no. 1, pp. 7–10, 2015.

S. percepatan pencegahan Stunting, Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (STUNTING) Periode 2018 - 2024, 2nd ed. Jakarta: Sekretariat Percepatan Stunting, 2019.