GANGGUAN BERKEMIH : LAPORAN KASUS ASUHAN KEBIDANAN PADA POSTPARTUM

Main Article Content

Yulia Zamialata Zahra
Enung Harni Susilawati

Abstract

Masa Postpartum adalah masa setelah melahirkan hingga pulihnya rahim dan organ kewanitaan yang umumnya di iringi dengan keluarnya darah nifas, Lamanya periode postpartum yaitu sekitar 6-8 minggu. Keluhan sulit berkemih pada post partum adalah keluhan fisiologis pada 12-36 jam pertama. Akan dihasilkan urine


 dalam jumlah banyak, penyebab dari sulit berkemih bisa terjadi akibat meningkatnya volume kandung kemih saat melahirkan, jaringan uretra membengkak, dan mengalami trauma.  Tujuan asuhan ini untuk melakukan asuhan kebidanan pada ibu. postpartum 2 jam dengan gangguan Berkemih.


     Metodologi yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah menggunakan metode laporan kasus dalam bentuk pendokumentasian SOAP. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, pemeriksaan fisik, observasi, dokumentasi, dan studi literature.


     Data Subjektif diperoleh bahwa ibu mengeluh sulit berkemih dan takut luka jahitan terbuka. Sedangkan data Objektif diperoleh TD 110/ 70 mmhg, N 80x/menit, R 20x/menit, S 36,6C, TFU 2 jari di bawah pusat, kandung kemih Penuh, pengeluaran darah berwarna merah (lochea rubra) 10 cc. Analisa yang ditegakkan Ny. N usia 30 tahun Pospartum 2 jam, dengan gangguan berkemih. Penatalaksanaan yang dilakukan pada Ny.N meliputi memberikan motivasi untuk berkemih spontan juga melakukan pemasangan kateter pada ibu, karena sulit berkemih. Observasi volume urine  yang keluar ± 250-300 ml, selain itu juga dilakukan pemeriksaan kontraksi uterus, perdarahan postpartum dan TFU.


      Kesimpulan dari asuhan yang diberikan sudah sesuai teori, ibu dapat melalui masa nifas dengan baik. Saran pada ibu diharapkan untuk tetap memenuhi kebutuhan, nutrisi, hidrasi serta mobilisasi dan melakukan pemeriksaan postpartum selanjutnya.


 

Article Details

How to Cite
Zamialata Zahra, Y., & Harni Susilawati, E. (2022). GANGGUAN BERKEMIH : LAPORAN KASUS ASUHAN KEBIDANAN PADA POSTPARTUM. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(2), 297-301. https://doi.org/10.34011/jks.v3i2.1235


Section
Articles