VALIDITY OF SPARKOL VIDEOSCRIBE BASED ANIMATED VIDEO FOR HANDLING UNDERNUTRITION IN TODDLERS
Main Article Content
Abstract
Gizi kurang merupakan suatu kondisi balita tidak mencapai berat badan ideal, yang bisa memengaruhi pertumbuhan tinggi badan, Berbagai upaya dapat dilakukan untuk menangani antara lain dengan memberikan edukasi gizi melalui media video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi edukasi berupa video animasi berbasis Sparkol Videoscribe untuk membantu menangani masalah gizi kurang pada balita. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Development yang mengacu pada kerangka kerja ADDIE meliputi (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Validasi video animasi berbasis Sparkol videoscribe melibatkan 3 ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Selanjutnya dilakukan uji coba (sampel terbatas n = 10) pada ibu balita gizi kurang. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode rancangan quasi expeimental dengan desain nonequivalent control group dan dampak penggunaan video diukur dengan tiga alat ukur, yaitu: kuesioner pengetahuan gizi (reliabilitasnya 0,71), kuesioner efikasi diri (reliabilitasnya=0,95), kuesioner pola asuh makan (reliabilitasnya=0,95). Hasil penelitian menunjukkan media video animasi berbasis Sparkol Videoscribe untuk menangani masalah balita gizi kurang dinilai layak dengan skor rata–rata dari ahli materi 84%, ahli bahasa 86,6% dan ahli media 86%, hasil uji coba video animasi dengan small group dihasilkan 85,5% dengan kategori sangat layak dan hasil uji coba kuesioner menunjukkan ada peningkatan pengetahuan gizi, efikasi diri dan pola asuh makan dengan kategori sedang. Kesimpulannya media video animasi berbasis Sparkol Videoscribe yang dikembangkan dalam penelitian dapat diterapkan untuk membantu menangani masalah gizi kurang pada balita.
Article Details
References
Y. Dede, S. P. Manongga, and P. Romeo, “Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Gizi Kurang Pada Anak Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Kanatang Kabupaten Sumba Timur,” Kesehat. Tambusai, vol. 4, no. September, pp. 2998–3010, 2023.
I. D. Amalia, D. P. U. Lubis, and S. M. Khoeriyah, “Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dengan Kejadian Stunting Pada Balita,” J. Kesehat. Samodra Ilmu, vol. 12, no. 2, pp. 146–154, 2021, doi: 10.55426/jksi.v12i2.153.
N. Surtinah, H. S. W. Nugroho, Suparji, and C. W. A. R. Desita, “Determinants of Nutritional Status in Toddlers,” Heal. Notions, vol. 5, no. 9, pp. 329–333, 2021.
Afid, Rabiah, Syaiful Tahir, and Lilik Utami, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gizi Kurang pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Baluase Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi,” J. Kolaboratif Sains, vol. 5, no. 9, pp. 627–632, 2022, doi: 10.56338/jks.v5i9.2776.
Y. Aryanti, “Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan Jembatan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Kaji. Pendidik. Tek. Bangunan, vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2019.
S. Aisah, S. Ismail, A. M.-J. P. Indonesia, and U. 2021, “Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review,” J. Perawat Indones., vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.32584/jpi.v5i1.926.
S. Sayuti, A. Almuhaimin, S. Sofiyetti, and P. Sari, “Efektivitas Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa dalam Penerapan Protokol Kesehatan di SMPN 19 Kota Jambi,” J. Kesmas Jambi, vol. 6, no. 2, pp. 32–39, 2022, doi: 10.22437/jkmj.v6i2.20624.
A. Huda et al., Media Animasi Digital Berbasis HOTS. Padang: UNP Press, 2020.
Y. Yusnia, “Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa Pgpaud,” Cakrawala Dini J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 10, no. 1, pp. 71–75, 2019, doi: 10.17509/cd.v10i1.17436.
S. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2018.
S. Jun et al., “Older adults with obesity have higher risks of some micronutrient inadequacies and lower overall dietary quality compared to peers with a healthy weight, National Health and Nutrition Examination Surveys (NHANES), 2011-2014,” Public Health Nutr., vol. 23, no. 13, pp. 2268–2279, 2020, doi: 10.1017/S1368980020000257.
K. Syavira, N. Riska, and R. Rusilanti, “Pengembangan Media Video Animasi Bagi Remaja Putri untuk Pencegahan Bayi Lahir Stunting,” J. Compr. Sci., vol. 2, no. 8, pp. 2962–4584, 2023, doi: https://doi.org/10.34005/afiat.v9i2.3509.
Sugiharni, “pengujian validitas konten media pembelajaran interaktif beroroentasi model creative problem solving,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 88, 2018, doi: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15378.
S. Ismayati and D. Mustika, “Validitas Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 1, no. 2, pp. 291–297, 2021, doi: 10.31004/innovative.v1i2.2785.
Arief S. Sadiman, “Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.,” 2009.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
M. Jannah and J. Julianto, “Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. 2, pp. 124–134, 2018.
H. Pujiastuti, R. Haryadi, and A. Maulana, “The development of Augmented Reality-based learning media to improve students ’ ability to understand mathematics concept,” Unnes Jouenal Math. Educ., vol. 9, no. 2, pp. 92–101, 2020.
D. K. Mashuri and Budiyono, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 8, no. 5, pp. 893–903, 2020.
M. Rahayu and Masniladevi, “Pengaruh Penggunaan Media Sparkol Videoscribe terhadap Hasil Belajar Materi Faktor Dan Kelipatan Bilangan Kelas IV SDN Gugus IV Surantih,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 3, pp. 2239–2249, 2020.
R. R. Hake, “Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses,” Am. J. Phys., vol. 66, no. 1, pp. 64–74, 1998, doi: 10.1119/1.18809.
J. B. Nelson, “Mindful eating: The art of presence while you eat,” Diabetes Spectr., vol. 30, no. 3, pp. 171–174, 2017, doi: 10.2337/ds17-0015.
M. A. Azhari and A. Fayasari, “Pengaruh edukasi gizi dengan media ceramah dan video animasi terhadap pengetahuan sikap dan perilaku sarapan serta konsumsi sayur buah,” AcTion Aceh Nutr. J., vol. 5, no. 1, pp. 55–61, 2020.
A. I. Ramadhani, T. R. Andayani, and N. H. Hikmayani, “Media Video Animasi Mindful Eating Dapat Digunakan untuk Membantu Mengatasi Disordered Eating pada Mahasiswa,” Media Penelit. dan Pen, vol. 34, no. 3, pp. 641–653, 2024.