HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN SARAPAN DAN ASUPAN ZAT BESI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN GIZI

Authors

  • Fahdina Firdaus
  • Umi Mahmudah Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Mamat Rahmat Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Pusparini Pusparini Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Bandung

DOI:

https://doi.org/10.34011/jgd.v3i1.2183

Keywords:

Kebiasaan Sarapan, Asupan Zat Besi, Konsentrasi Belajar

Abstract

Proses pembelajaran dipengarui oleh tingkat keseriusan atau konsentrasi. Faktor yang mempengaruhi diantaranya sarapan dan asupan zat besi. Sarapan mempengaruhi kadar glukosa dalam darah yang menjadi sumber energi yang berdampak pada kerja otak yaitu kemampuan dalam berkonsentrasi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan peredaran oksigen dalam tubuh menjadi rendah sehingga tubuh menjadi mudah pusing, lelah, letih dan lesu serta berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi dalam berpikir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan sarapan dan asupan zat besi dengan konsentrasi belajar Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel yang diganakan sebanyak 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar (p=0,937) karena nilai p>0,05. Tidak ada hubungan yang bermakna antara asupan zat besi dengan konsentrasi belajar (p=0,889) karena nilai p>0,05. Saran untuk penelitian ini adalah untuk penelitian selanjutnya disarankan responden bukan mahasiswa gizi, mengidentifikasi lebih lanjut mengenai faktor lain yang lebih berpengaruh pada konsentrasi belajar, dan responden membiasakan sarapan dan memperhatikan asupan zat besi agar dapat meningkatkan konsentrasi belajar.

References

Timur RH, Arfandi A, Lopa AT. Studi Konsentrasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Published online 2020.

Rahmawati DA. Perbandingan Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar Dilihat dari Kebiasaan Makan Pagi. Early Child Educ Pap. 2014;3(1):32.

Ackuaku-Dogbe EM, Abaidoo B. Breakfast eating habits among medical students. Ghana Med J. 2014;48(2):66-70. doi:10.4314/GMJ.V48I2.2

Gibney MJ. Gizi Kesehatan Masyarakat. (Widyastuti P, Hardiyanti EA, eds.). EGC; 2008.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan RI. Published online 2018:1-582. https://dinkes.kalbarprov.go.id/wp-content/uploads/2019/03/Laporan-Riskesdas-2018-Nasional.pdf

Yunita WR, Nindya TS. Hubungan Kebiasaan Sarapan, Kecukupan Zat Gizi dan Cairan dengan Daya Konsentrasi Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia. 2017;12(2):123-128. Accessed July 6, 2022. https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/view/3630/4780

Istiany A, Rusilanti. Gizi Terapan. Remaja Rosdakarya; 2013. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=852945

Soetardjo S. Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan. PT Gramedia Pustaka Utama; 2011. https://perpustakaan.upertis.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1706&keywords=

Septiadewi D, Briawan D. Penggunaan Metode Body Shape Questionnaire (BSQ) dan Figure Rating Scale (FRS) untuk Pengukuran Persepsi Tubuh Remaja Perempuan. Gizi Indones. 2010;33(1):29-36.

Sufrin F, Toruntju SA, Imanuddin. Hubungan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Belajar Anak SD Negeri 01 Baruga di Kota Kendari. Published online 2018. Accessed May 11, 2023. http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/895/1/HASIL 1 FIX.pdf

Purwanti S, Shoufiah R. Kebiasaan Sarapan Pagi Mempengaruhi Status Gizi Remaja. Buku Pros Semin Nas Call Pap Politek Kesehat Kemenkes Kaltim 2017. Published online 2017.

Hardinsyah, Aries M. Jenis Pangan Sarapan dan Perannya dalam Asupan Gizi Harian Anak Usia 6—12 Tahun di Indonesia. J Gizi dan Pangan. 2012;7(2):89-96. Accessed May 5, 2023. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/article/view/12370/9455

Mariza YY, Kusumastuti AC. Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan dan Kebiasaan Jajan dengan Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. J Nutr Coll. 2013;2(1):207-213. Accessed July 8, 2022. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/article/view/2108/2128

Andriani M. Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Kencana; 2016.

Achadi LE. Gizi Dan Kesehatan Masyarakat. I. PT. Raja Grafindo Persada; 2011.

KBBI. Definisi Konsentrasi. Accessed May 9, 2023. https://kbbi.web.id/konsentrasi

Surya H. Menjadi Manusia Pembelajar. Elex Media Komputindo; 2009. https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20284975

Tamsuri A, Ajeng G. Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Tingkat Konsentrasi Belajar pada Anak. Akp. 2012;(5):42-48.

Universitas Gadjah Mada. Buku Pegangan Wechsler Adut Intelegence Scale.; 1999.

Fadilla I. ambaran Asupan Energi, Kualitas Sarapan Pagi, dan Konsentrasi Belajar Remaja Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 3 Bandung. Published online 2019. Accessed May 18, 2023. https://repository.poltekkesbdg.info/items/show/3393

Lentini B, Margawati A. Hubungan Kebiasaan Sarapan dan Status Hidrasi dengan Konsentrasi Berfikir Pada Remaja. J Nutr Coll. 2014;3(4):631-637. Accessed August 29, 2022. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/article/view/6862/6586

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. 6th ed. Rineka Cipta : Jakarta; 2015. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1046779

Pratiwi FV. Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa-Siswi di SMPN 14 Kota Bengkulu Tahun 2022. 2022;33(1). http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/1385/1/KTI FITRIA VERA PRATIWI P05130119056.pdf

Oktavia Y. Hubungan Sarapan Pagi dengan Tingkat Konsentrasi Belajar pada Anak Kelas 3 di SD N 04 Balai Rupi Simalanggang Payakumbuh tahun 2018. Published online 2018. Accessed April 28, 2023. http://repo.upertis.ac.id/82/

Arga D, Soviana E, Dharmawati S L. Hubungan Asupan Zat Besi (Fe) Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di SD Negeri Kudu 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Published online December 2015. Accessed May 5, 2023. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39813

Hakim T. Belajar Secara Efektif. 4th ed. Puspa Swara; 2004. https://batupusaka.bantenprov.go.id/koleksi/monograf/metode-mengajar/OTE5OTM-belajar-secara-efektif-thursan-hakim?perpus=aHR0cHM6Ly9hZG1pbi1pbmxpc2xpdGUtdGFuZ2VyYW5na2FiLnBlcnB1c25hcy5nby5pZC9pbmxpc2xpdGUzLw

Famila A, Istianah I. Hubungan Asupan Zat Besi, Vitamin C, dan Kebiasaan Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar di SMA Taman Madya 5. 2020;4(2):189-202. Accessed May 5, 2023. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jgps/article/view/2769/1907

Rahayu K. Hubungan Antara Asupan Zat Besi dan Kadar Hemoglobin Terhadap Konsentrasi Siswa SMAN 2 Cimahi. Published online 2013.

Downloads

Published

2024-06-30