ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF NY. N DENGAN PENERAPAN PIJAT ENDORPHIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GADOG KABUPATEN GARUT

Main Article Content

Febbyanti Febbyanti Eka Putri Utami
Desi Desi Hidayanti

Abstract

Asuhan kebidanan komprehensif adalah serangkaian kegiatan yang berkesinambungan dimulai dari kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir. Keluhan yang dapat ditemukan dalam asuhan trimester akhir kehamilan yaitu nyeri punggung dan kecemasan dalam menghadapi persalinan. Bidan diharapkan dapat mengurangi ketidaknyamanan tersebut salah satunya dengan menerapkan pijat endorphin. Tujuan dari penyusunan tugas akhir ini adalah mampu memberikan asuhan komprehensif pada Ny. N dengan penerapan pijat endorphin. Metode yang digunakan yaitu case report yang dilakukan pada bulan Februari hingga Maret 2023 di Kabupaten Garut dengan melibatkan seorang ibu hamil dengan usia kehamilan 40 minggu 1 hari serta bayi baru lahir yang diberikan asuhan dengan menerapkan manajemen kebidanan sesuai kewenangan, standar dan evidence based. Pengumpulan pada tugas laporan akhir ini menggunakan data primer dan sekunder. Asuhan diberikan pada ibu hamil dengan keluhan nyeri punggung dan kecemasan karena sudah melewati taksiran persalinan, namun sudah teratasi dengan memberikan asuhan pijat endorphin dan asuhan untuk mencegah kehamilan postterm.


 


Asuhan persalinan berhasil dilaksanakan pada usia kehamilan 41 minggu 6 hari dengan bayi dalam keadaan baik dan normal, asuhan nifas berjalan dengan baik namun terdapat kesenjangan dalam pemberian antibiotik dengan laserasi perineum derajat satu dengan perdarahan aktif. Asuhan kebidanan komprehensif dapat mengatasi ketidaknyamanan yang dialami ibu sehingga kesejahteraan ibu dan janin dapat terwujud. Bidan diharapkan dapat melakukan asuhan yang optimal untuk mengatasi masalah dan melakukan deteksi dini untuk mencegah kondisi patologis baik pada ibu dan janin.

Article Details

How to Cite
Febbyanti Eka Putri Utami, F., & Desi Hidayanti, D. (2024). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF NY. N DENGAN PENERAPAN PIJAT ENDORPHIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GADOG KABUPATEN GARUT. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(3), 1260-1267. Retrieved from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1517


Section
Articles