ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF DENGAN PENERAPAN PIJAT PERINEUM DI PUSKESMAS CISURUPAN, KABUPATEN GARUT

Main Article Content

Alneza Alneza Apriliani Dwi Putri
Kurniaty Kurniaty Ulfah

Abstract

Kehamilan, persalinan dan nifas merupakan proses fisiologis bagi setiap wanita. Namun jika tidak dilakukan asuhan sejak masa kehamilan, 20% dapat menjadi patologi yang mengancam ibu dan bayi, baik pada masa kehamilan, persalinan maupun nifas. Salah satu masalah yang dapat terjadi saat persalinan, yaitu ruptur perineum. Pada persalinan primigravida angka kejadian ruptur perineum sebanyak 98% dan pada multigravida sebanyak 85%. Hal ini menunjukkan baik primigravida ataupun multigravida angka kejadian rupture perineum masih tinggi. Untuk mencegahnya, dilakukan pijat perineum sejak kehamilan. Tujuan dari penyusunan laporan kasus ini yaitu memberikan asuhan kebidanan komprehensif dengan menerapkan manajemen kebidanan.


Laporan kasus yang dilakukan pada Ny. D secara komprehensif mulai dari masa kehamilan hingga nifas. Asuhan ini dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2023 di Puskesmas Cisurupan, Kabupaten Garut dengan metode pengumpulan data: wawancara, observasi dan studi dokumentasi buku KIA ibu.


Dalam asuhan kebidanan kehamilan yang dilakukan terhadap Ny. D pada trimester III, didapatkan masalah kecemasan jika terjadi ruptur perineum seperti riwayat persalinan sebelumnya. Kecemasan ini diatasi dengan melakukan penerapan pijat perineum dan senam hamil. Intervensi ini berhasil dan tidak terdapat ruptur perineum saat persalinan.   Pada asuhan persalinan, nifas dan bayi baru lahir tidak didapatkan masalah.


Asuhan komprehensif yang diberikan sebagian besar sudah sesuai dengan standar, namun masih terdapat kesenjangan, diantaranya pemotongan tali pusat tanpa penundaan, pasien dipulangkan kurang dari 24 jam postpartum dan pemberian antibiotik pada ibu nifas tanpa indikasi. Diharapkan asuhan kebidanan ditingkatkan lagi sesuai dengan evidence based practice.

Article Details

How to Cite
Alneza Apriliani Dwi Putri, A., & Kurniaty Ulfah, K. . (2023). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF DENGAN PENERAPAN PIJAT PERINEUM DI PUSKESMAS CISURUPAN, KABUPATEN GARUT. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(1), 669-677. Retrieved from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1542


Section
Articles