Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ny.H Dengan Penerapan Pijat Bayi Di Wilayah Puskesmas Cibatu Kabupaten Garut

Main Article Content

Naila Naila Rizqia Rahayu
Yuni Yuni Nurchasanah

Abstract

Pada masa kehamilan, persalinan, bayi baru lahir hingga masa nifas, wanita dapat mengalami berbagai masalah kesehatan. Dalam rangka memastikan masa kehamilan sampai dengan nifas berjalan normal, ibu membutuhkan pelayanan kesehatan yang baik. Pelayanan kesehatan tersebut bisa meliputi asuhan secara berkelanjutan atau yang bisa disebut dengan asuhan kebidanan komprehensif. Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk menerapkan asuhan kebidanan secara komprehensif pada Ny. H dengan penerapan pijat bayi di Puskesmas Cibatu Kabupaten Garut.


            Laporan tugas akhir ini menggunakan metode studi kasus yang melibatkan seorang ibu hamil dengan usia kehamilan 38 minggu 4 hari yang bernama Ny. H. Asuhan komprehensif ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Cibatu Kabupaten Garut sejak bulan Januari hingga Maret 2023.


            Ny.H hanya mengalami kenaikan berat badan sebanyak 8 kg selama kehamilan, asuhan yang diberikan berupa konseling nutrisi selama kehamilan. Proses persalinan Ny.H dengan cara spontan tanpa komplikasi, asuhan yang diberikan penulis yaitu pijat punggung dengan effleurage untuk mengurangi rasa nyeri dan memandu untuk teknik nafas dan mengedan yang baik. Pada masa nifas Ny.H mengalami masalah kurang tidur dan bendungan ASI, asuhan yang diberikan berupa konseling pemenuhan istirahat dan perawatan payudara. Saat asuhan neonatus dilakukan penerapan pijat bayi untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan pada bayi. Asuhan kebidanan secara komprehensif pada Ny.H beserta bayinya dapat mengatasi masalah-masalah yang dikeluhkan klien termasuk adanya peningkatan berat badan setelah dilakukan pijat pada bayi Ny.H.


Asuhan kebidanan komprehensif terbukti bermanfaat dan penting untuk dilakukan. Bidan sebagai pemberi layanan perlu menerapkan dan meningkatkan asuhan ini dalam asuhan yang dilakukannya.

Article Details

How to Cite
Naila Rizqia Rahayu, N., & Yuni Nurchasanah, Y. (2023). Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ny.H Dengan Penerapan Pijat Bayi Di Wilayah Puskesmas Cibatu Kabupaten Garut. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(2), 712-724. Retrieved from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1553


Section
Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.