EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENCEGAHAN KEK DI SMAN 6 CIMAHI

Authors

  • Selpia Berlian Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
  • Umi Mahmudah Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
  • Suparman Suparman Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
  • Mamat Rahmat Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung

DOI:

https://doi.org/10.34011/jgd.v3i2.2776

Keywords:

TikTok, chronic energy deficiency, knowledge, attitude, energy intake, protein intake

Abstract

Chronic Energy Deficiency (CED) is prevalent among Indonesian young women, increasing the risk of stunting. Early education, including the use of TikTok, is recommended to prevent CED due to its popularity and accessibility among teenagers. This research aims to determine the effect of nutritional education regarding the prevention of CED through the social media TikTok on knowledge, attitudes and protein energy intake in young women at SMAN 6 Cimahi. The design of this research is a quasi experiment with a pre test - post test with control group design. Simple random sampling was used with a sample size of 52 people, divided into treatment and control groups for education via TikTok and PowerPoint. Data analysis employed various statistical tests like Shapiro Wilk, Wilcoxon, and T-Tests. The research results show that there is an influence of TikTok social media on knowledge, attitudes, energy and protein intake in young women at SMAN 6 Cimahi. In terms of increasing knowledge and attitudes, TikTok social media is more effective as an educational medium than PowerPoint media (p=0.000), but is not effective for energy intake (p=0.103), and is not effective for protein intake (p=0.169). Further research to determine the effectiveness of TikTok social media on energy and protein intake will need to be accompanied by mentoring methods.

References

Supariasa I, B B, I F. Penilaian Status Gizi Edisi Revisi. Penerbit Buku Kedokteran ECG; 2012.

Arisman. Gizi Dalam Daur Kehidupan. EGC; 2010.

Kemenkes RI. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehat RI. 2018;53(9):1689-1699.

Kementerian Kesehatan RI. Laporan Provinsi Jawa Barat, Riskesdas 2018.; 2019.

Sediaoetama A. Ilmu Gizi Untuk Mahasiswa Dan Profesi. Dian Rakyat; 2010.

Rizkah Z, Mahmudiono T. Hubungan Antara Umur, Gravida, Dan Status Bekerja Terhadap Resiko Kurang Energi Kronis (KEK) Dan Anemia Pada Ibu Hamil. Amerta Nutr. 2017;1(2):72. doi:10.20473/amnt.v1i2.2017.72-79

Obai G, Odongo P, Wanyama R. Prevalence of anaemia and associated risk factors among pregnant women attending antenatal care in Gulu and Hoima Regional Hospitals in Uganda: A cross sectional study. BMC Pregnancy Childbirth. 2016;16(1):1-7. doi:10.1186/S12884-016-0865-4/TABLES/4

Alfarisi R, Nurmalasari Y, Nabilla S, et al. Status Gizi Ibu Hamil Dapat Menyebabkan. J Kebidanan. 2019;5(3):271-278.

Afrianti, Galaupa R. Analisis Pengaruh Usia Remaja Terhadap Kejadian Kekurangan Enegi Kronik (KEK) Pada Ibu Hamil Di Posyandu Flamboyan. J Keperawatan Muhammadiyah. 2023;8(4).

Diananda A. Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Istighna J Pendidik dan Pemikir Islam. 2019;1(1):116-133. doi:10.33853/ISTIGHNA.V1I1.20.G21

Hafiza D, Utmi A, Niriyah S. Hubungan Kebiasaan Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Smp Ylpi Pekanbaru. Al-Asalmiya Nurs J Ilmu Keperawatan (Journal Nurs Sci. 2021;9(2):86-96. doi:10.35328/keperawatan.v9i2.671

Aulia NR. Peran Pengetahuan Gizi Terhadap Asupan Energi, Status Gizi Dan Sikap Tentang Gizi Remaja. J Ilm Gizi dan Kesehat. 2021;2(02):31-35. doi:10.46772/jigk.v2i02.454

Safitri NRD, Fitranti DY. Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Ceramah dan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Gizi Remaja Overweight. J Nutr Coll. 2016;5(Jilid 2):374-380.

Laenggeng AH, Lumalang Y. Hubungan Pengetahuan Gizi Dan Sikap Memilih Makanan Jajanan Dengan Status Gizi Siswa Smp Negeri 1 Palu Pendahuluan Remaja golongan usia 13-18 tahun terjadi pertumbuhan yang sangat cepat sehingga kebutuhan gizi untuk pertumbuhan dan aktivitas meningkat , g. J Kesehat Tadulako Vol1 No1. 2015;1:49-57.

Ayu Lestari R, Dwi Jatmiko Latabulo D. Perilaku Konsumen Remaja Putri Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Tiktok Di Masa Pandemi. Kalbisocio J Bisnis dan Komun. 2022;9(1):54-61. doi:10.53008/kalbisocio.v9i1.207

Chandra Kusuma DNS, Oktavianti R. Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio Visual dalam Membentuk Konsep Diri (Studi Kasus Aplikasi Tiktok). Koneksi. 2020;4(2):372. doi:10.24912/kn.v4i2.8214

Khansa SD, Putri KYS. Pengaruh Sosial Media Tiktok Terhadap Gaya Hidup Remaja. Ekspresi Dan Persepsi J Ilmu Komun. 2022;5(1):133. doi:10.33822/jep.v5i1.3939

109. Marbun R, Sugiyanto S, Dea V. Edukasi Kesehatan Pada Remaja Dalam Pentingnya Gizi Seimbang Dan Aktivitas Fisik Di Era Pandemi Covid-19. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2021;4(3):508. doi:10.31764/jpmb.v4i3.4494

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan : Teori Dan Aplikasi. Rineka Cipta; 2012.

Putriadi DF. Pengaruh Pendidikan Gizi Dengan Media Sosial Instagram Terhadap Pengetahuan, Sikap Mengenai Anemia, Dan Asupan Fe Remaja Putri Di SMAN 1 Cimahi.; 2022.

Anggraeni J, Nurrachmawati A, Rohmah N. Pengaruh Media Tiktok Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Bahaya Napza Pada Remaja di SMK Negeri 1 Samarinda Juwita Anggraeni. https//doi.org/1037362/jkph.v8i1954Jurnal Kesehat Panrita Husada. 2023;8(1):26-38.

Wahidah NH, Ruhmawati T, Kesehatan P, Kemenkes Bandung P. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media E-Booklet Terhadap Pengetahuan Pencegahan Obesitas Pada Remaja. J Kesehat Siliwangi. 2022;3(1):1-5. doi:10.34011/JKS.V3I1.1047

Mokoginta FS, Budiarso F, Manampiring AE. Gambaran pola asupan makanan pada remaja di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. J e-Biomedik. 2016;4(2). doi:10.35790/ebm.4.2.2016.14618

Pamilasari T, Desi, Purba JSR. Pengaruh Edukasi Gizi Media TikTok terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Remaja Putri. Pontianak Nutr J. 2022;5(1):141-145.

Ramdani NS, Nugraha H, Hadiapurwa A. Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika. 2021;10(02):425-436. doi:10.34005/akademika.v10i02.1406

Putra ME, Femelia W, Gizi J, et al. Efektifitas Aplikasi Edukasi Gizi Remaja Berbasis Android Untuk Pencegahan Stunting. J Endur. 2022;6(2):443-451. doi:10.22216/jen.v6i2.357

Perdana F, Madanijah S, Ekayanti I. Pengembangan media edukasi gizi berbasis android dan website serta pengaruhnya terhadap perilaku tentang gizi seimbang siswa sekolah dasar. J Gizi dan Pangan. 2017;12(3):169-178. doi:10.25182/jgp.2017.12.3.169-178

Agnesia D. Peran Pendidikan Gizi Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Remaja Di Sma Yasmu Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Acad Action J Community Empower. 2020;1(2):64-76. Accessed February 12, 2023. http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index.php/AIA/article/view/847

Ramadhanti FM, Sulistyowati E, Jaelani M, Semarang K. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Video Motion Graphics Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Obesitas Remaja. J Gizi. 2022;11(1):2022.

Amanah NR, Suprihartono FA, Fauziyah RN, Par’i HM, Syahidatunnisa US. Edukasi Gizi Dengan Permainan Komunikata Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Konsumsi Sayur Buah, Jajanan Dan Sarapan. J Ris Kesehat Poltekkes Depkes Bandung. 2019;11(1):157-164. doi:10.34011/juriskesbdg.v11i1.691

Jafar N, Indriasari R, Syam A, Kurniati Y. Pengaruh Pelatihan Edukator Sebaya terhadap Pengetahuan tentang Gizi Seimbang pada Siswa di SMUN 16 Makassar. Media Gizi Pangan. 2018;25(1):1. doi:10.32382/mgp.v25i1.40

Citra Palupi K, Handi L, Gifari N, Dewanti LP. The effect of nutrition education “EMPIRE” against intake of macronutrients, fiber, and sugar in women with overnutrition. Ilmu Gizi Indones. 2022;06(01):9-22.

Hanifa DL. Perbedaan pengetahuan remaja sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang gizi seimbang dengan menggunakan media video di SMP Negeri 2 Kartasura. Naskah Publ. Published online 2015:1-11. http://eprints.ums.ac.id/39799/12/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Retnasary M, Fitriawati D. Analisis akun Tik Tok @Iramira Sebagai Media Pembelajaran Edukasi (Maya Retnasary, Diny Fitriawati) Analisis akun Tik Tok @Iramira Sebagai Media Pembelajaran Edukasi. AGUNA J Ilmu Komun. 2022;3(2):1. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA

Saputro KA, Sari CK, Winarsi S. Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2021;3(5):1910-1917. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/690

Haya AA. Penyuluhan Gizi Menggunakan Media E-Booklet Dengan Metode Pendampingan Terhadap Asupan Energi Dan Protein Pada Remaja Putri Kurang Energi Kronis (KEK) Nutritional Education Using Media E-Booklets with Assistance Methods on Energy and Protein Intake in Ado. Desember. 2022;1(2):49. https://doi.org/10.34011/jgd.v1i2.1245

Downloads

Published

2024-12-31