PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA E-LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA REMAJA

Main Article Content

Haque Arinda Nur Maulianti
Dhimas Herdhianta

Abstract

Latar Belakang: Data World Health Organization (WHO) tahun 2015 menunjukkan sekitar 1,13 Miliar orang di dunia menyandang hipertensi. Tahun 2019 jumlah kasus hipetensi Kota Cimahi meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu  36,99%, sebanyak 12.875 orang diantaranya adalah masyarakat Cigugur Tengah. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan pengetahuan dan sikap remaja dengan memberikan pendidikan kesehatan mengenai pencegahan hipertensi melalui media e-leaflet. Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media e-leaflet terhadap pengetahuan dan sikap pencegahan hipertensi pada remaja. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest kepada sampel sebanyak 79 siswa dari populasi 375 siswa. Analisis data menggunaan uji wilcoxon (data berdistribusi tidak normal) untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil: Rata-rata skor pengetahuan responden sebelum diberikan media e-leaflet sebesar 57,22. Rata-rata sesudah diberikan media e-leaflet sebesar 90,00. Selisih peningkatan pengetahuan sebesar 32,78. Sedangkan persentase sikap responden sebelum diberikan media e-leaflet sebesar 43% dengan nilai positif. Persentase sesudah diberikan media e-leaflet sebesar 59,5% dengan nilai positif. Selisih persentase menunjukan peningkatan sikap positif sebesar 16,5%. Nilai p value pengetahuan dan sikap responden sebelum dan sesudah diberikan media e-leaflet sebesar (p=0,000). Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap yang signifikan sesudah diberikan media e-leaflet pencegahan hipertensi pada remaja.

Article Details

How to Cite
Arinda Nur Maulianti, H., & Herdhianta, D. (2022). PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA E-LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA REMAJA . Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(1), 12-18. https://doi.org/10.34011/jks.v3i1.1037


Section
Articles