PENGARUH PEMBERIAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KONSUMSI GIZI SEIMBANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Elen Putri Milenia
Dhimas Herdhianta

Abstract

Latar Belakang: Anak usia sekolah merupakan kelompok rentan gizi. Status gizi dengan indikator Massa Tubuh/Usia (IMT/U) anak usia 5 sampai 12 tahun di kabupaten Bandung dengan kategori sangat kurus sebesar 1,58%, kategori kurus sebesar 6,83%, kategori gemuk sebesar 15,89%, dan kategori obesitas sebesar 11,01%. Oleh karena itu perlu adanya pemberian edukasi gizi seimbang pada siswa sekolah dasar dengan memberikan pendidikan kesehatan mengenai konsumsi gizi seimbang melalui media flashcard. Tujuan: Mengetahui pengaruh media flashcard terhadap pengetahuan dan sikap konsumsi gizi seimbang pada siswa sekolah dasar. Metode: Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner (pretest) selanjutnya pemberian edukasi menggunakan media flashcard sebanyak 3 kali intervensi. Selesai intervensi, diadakannya pengisian kuesioner kembali (posttest). Penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest – posttest without control kepada total sampel sebanyak 45 siswa. Analisis data menggunakan Paired T-test dan uji Wilcoxon untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil: Persentase peningkatan pengetahuan sebesar 37,91%. Persentase peningkatan sikap sebesar 17,8%. Nilai p value pengetahuan dan sikap siswa sebelum dan sesudah diberikan media flashcard sebesar (p=0,000). Kesimpulan: Terdapat pengaruh media flashcard terhadap pengetahuan dan sikap konsumsi gizi seimbang pada siswa sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Putri Milenia, E., & Herdhianta , D. (2022). PENGARUH PEMBERIAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KONSUMSI GIZI SEIMBANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR . Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(1), 19-26. https://doi.org/10.34011/jks.v3i1.1039


Section
Articles