KETIDAKNYAMANAN KEHAMILAN TRIMESTER III : SEBUAH LAPORAN KASUS ASUHAN KEHAMILAN

Main Article Content

Lisa Natalia
Ina Handayani

Abstract

Pada kehamilan terjadi berbagai perubahan yaitu perubahan Fisiologis dan perubahan Psikologis. Perubahan tersebut terjadi karena adanya perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan. Salah satu efek perubahan fisiologis adalah nyeri perut bagian bawah dan kram pada kaki, kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan dan apabila dibiarkan akan mempunyai dampak lanjutan seperti terganggunya aktivitas ibu karena nyeri pada perut bagian bawah dan terganggunya pola istirahat ibu akibat dari kram kaki yang dirasakan setiap ibu tidur. Tujuan asuhan ini adalah melaksanakan asuhan kebidanan kehamilan dengan tepat sehingga ketidaknyamanan yang dirasakan ibu bisa berkurang.


Metode yang digunakan yaitu laporan kasus dengan pendekatan berdasarkan manajemen kebidanan dalam bentuk pendokumentasian subjektif, objektif, analisa, dan penatalaksanaan (SOAP) dengan hasil yang didapat setelah dilakukan pemantauan yaitu ibu mengeluh nyeri perut bagian bawah dan sering merasa kram kaki, hasil pemeriksaan TFU 28 cm, teraba kepala di perut ibu bagian bawah belum masuk pintu atas panggul, DJJ 131x/mnt sehingga analisa yang ditegakan  Ny.X usia 29 tahun G2P1A0 usia kehamilan 35 minggu janin tunggal hidup intrauterin persentasi kepala dengan ketidaknyamanan fisiologis nyeri perut bagian bawah dan kram kaki. Asuhan yang diberikan yaitu edukasi tentang cara mengurangi atau mengatasi ketidaknyamanan fisiologis, senam hamil, dan pemberian kalsium.     


Pemberian asuhan sudah sesuai dengan kebutuhan ibu dan kewenangan bidan. Serta ketidaknyamanan fisiologis dapat diatasi. Saran kepada tempat pelayanan diharapkan dapat menyampaikan konseling atau edukasi untuk mengatasi ketidaknyamanan fisiologis.


 


 

Article Details

How to Cite
Natalia, L. ., & Handayani, I. (2022). KETIDAKNYAMANAN KEHAMILAN TRIMESTER III : SEBUAH LAPORAN KASUS ASUHAN KEHAMILAN. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(2), 302-307. https://doi.org/10.34011/jks.v3i2.1184


Section
Articles