A NEONATUS CUKUP BULAN KECIL MASA KEHAMILAN : LAPORAN KASUS DI RS SALAK BOGOR Laporan kasus

Main Article Content

hilya nabila
Dedes Fitria

Abstract

Penyebab kematian neonatal terbanyak adalah kondisi berat badan lahir rendah (BBLR) dengan persentase 35,3%. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penyusunan tugas akhir ini adalah didapatkannya data subjektif, objektif, analisa, dan penatalaksanaan asuhan kebidanan yang tepat pada bayi dengan Kecil Masa Kehamilan.
Penyusunan laporan tugas akhir ini menggunakan metode pendokumentasian berupa SOAP. Hasil dari asuhan ini diperolehnya data subjektif Ny. J hamil 37 minggu dengan riwayat hipertensi gestasional sejak usia kehamilan 22 minggu, riwayat IUGR, pola nutrisi yang kurang, penambahan berat badan selama kehamilan kurang dari yang dianjurkan, riwayat abortus, dan persalinan sebelumnya dengan bayi BBLR. Data objektif yang diperoleh berat badan lahir 2400g, panjang badan 46 cm, lingkar kepala 33 cm, dan lingkar dada 29 cm, bayi aktif, jaringan lemak bawah kulit tipis, lanugo tipis, verniks sedikit, kulit sedikit keriput, pemeriksaan reflek positif dan hasil ballard score 35. Analisa yang didapatkan adalah bayi Ny.J Neonatus Cukup Bulan Kecil Masa Kehamilan. Penatalaksanaan yang diberikan berupa asuhan kebidanan sesuai pelayanan bidan dan dengan advis dokter.
Setelah melakukan asuhan pada bayi Ny. J didapatkan kesimpulan data subjektif dari
riwayat kehamilan, persalinan dan neonatal, didapatkan data objektif dari pemeriksaan
fisik yang dilakukan sehingga dapat ditegakkan analisa sesuai data subjektif dan objektif
yang ada, dan diberikan penatalaksanaan sesuai kebutuhan. Asuhan dilakukan hingga
terjadi perubahan pada berat badan dan ciri fisik bayi. Diharapkan rumah sakit dapat
mempertahankan dan meningkatkan kualitas asuhan yang diberikan seperti penerapan
rawat gabung, metode kangguru, dan pemberian nutrisi yang tepat agar berhasilnya
pemberian ASI Eksklusif.

Article Details

How to Cite
nabila, hilya, & Fitria, D. (2023). A NEONATUS CUKUP BULAN KECIL MASA KEHAMILAN : LAPORAN KASUS DI RS SALAK BOGOR: Laporan kasus. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(3), 679-687. https://doi.org/10.34011/jks.v3i3.1188


Section
Articles

Most read articles by the same author(s)