ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU DENGAN MIOMA UTERI DAN ANEMIA : LAPORAN KASUS KESEHATAN REPRODUKSI

Main Article Content

Andriani Putri Andini
Enung Harni Susilawati

Abstract

Mioma Uteri adalah tumor jinak yang berasal dari otot polos rahim yang terdiri dari sel-sel jaringan otot polos, jaringan pengikat fibroid, dan kolagen. Gejalanya yaitu nyeri abdomen, gangguan menstruasi, hingga perdarahan. Kejadian mioma uteri di Indonesia sebesar 2,39%−11,70%. Sedangkan angka kejadiannya diprediksi mencapai 20−30% terjadi pada wanita berusia di atas 35 tahun. Tujuan penulisan adalah agar mampu memberikan asuhan kebidanan pada Ny. W usia 44 tahun dengan mioma uteri dan anemia.


Metode yang digunakan pada laporan kasus ini, yaitu asuhan kebidanan dengan teknik pendokumentasian SOAP. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, pemeriksaan fisik, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur. Hasil pengkajian data subjektif didapatkan yaitu Ny. W Usia 44 tahun mengeluh nyeri perut bagian bawah sejak 7 hari yang lalu disertai dengan keluarnya darah sebanyak ½ pembalut. Darah yang keluar berbentuk flek-flek yang berwarna merah segar. Data objektif ditemukan wajah pucat, sklera putih, konjungtiva pucat, (Anemis) ekstremitas tidak edema. Pemeriksaan abdomen teraba massa dan terdapat nyeri tekan. Pemeriksaan genetalia terdapat perdarahan pervaginam, berwarna merah segar. Pada pemeriksaan USG ditemukan mioma uteri menonjol keluar dinding uterus, hasil pemeriksaan laboratorium di dapatkan hemoglobin 8,6 gr/dl. Penatalaksaan melakukan observasi KU dan TTV serta perdarahan pervaginam, Kolaborasi dengan dokter SpOG dalam pemberian terapi, Sedangkan Analisa yang ditegakkan Ny. W Usia 44 Tahun dengan mioma uteri dan anemia.


Kesimpulan dari asuhan kebidanan yang dilakukan pada Ny. W sudah sesuai dengan teori dan standar penanganan mioma uteri. Diharapkan klien dan keluarga dapat mengenal tanda-tanda mioma uteri dan Segera datang ke petugas kesehatan jika ada keluhan.

Article Details

How to Cite
Andini, A. P., & Susilawati, E. H. (2023). ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU DENGAN MIOMA UTERI DAN ANEMIA : LAPORAN KASUS KESEHATAN REPRODUKSI . Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(3), 699-704. https://doi.org/10.34011/jks.v3i3.1322


Section
Articles