ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY F DENGAN ANEMIA SEDANG

Main Article Content

Violla Melati Ratuning Ayu
Yulidar Yanti

Abstract

 Anemia merupakan masalah yang sering ditemukan pada ibu hamil. Upaya pencegahan anemia pada ibu hamil dapat dilakukan melalui pemberian Fe. Resiko jika anemia pada ibu hamil terdapat komplikasi. Dengan adanya asuhan yang berkesinambungan dan komprehensif, bidan memberikan promosi kesehatan agar ibu dan bayi sehat. Tujuan dari pembuatan tugas akhir ini guna memberikan asuhan sejak kehamilan hingga nifas kepada Ny F dengan anemia.


Laporan Tugas Akhir ini merupakan studi kasus dengan memberikan asuhan kebidanan kepada Ny. F sejak usia kehamilan 39 minggu hingga dengan masa nifas dan neonatal yang dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2023 di Puskesmas Samarang Kabupaten Garut.. Teknik pengumpulan data ditentukan berdasarkan data primer dan sekunder.


Pada saat ibu hamil trimester III ibu mengalami anemia sedang, ibu mengalami kenaikan HB walaupun terdapat proses hemodilusi. Asuhan persalinan yang dilakukan oleh seorang bidan sesuai dengan standar. Asuhan nifas berjalan dengan fisiologis, proses involusi, pengeluaran lokhea, namun terdapat masalah puting lecet dan dan diajarkan Teknik menyusui yang benar.


Asuhan pada bayi baru lahir berjalan normal tidak ditemukan masalah. Asuhan kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir diberikan sesuai dengan standar pelayanan dan penatalaksanaan .  

Article Details

How to Cite
Melati Ratuning Ayu, V., & Yanti , Y. . (2023). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY F DENGAN ANEMIA SEDANG . Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(2), 738-743. Retrieved from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1570


Section
Articles