Habitualis abortion : A Case Report Of Pregnancy Care abortus habitualis : sebuah laporan kasus pada kehamilan

Main Article Content

Juariah Sadeli

Abstract

Abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi yang terjadi pada kehamilan kurang dari 20 minggu.Abortus ini memberikan dampak yang berkepanjangan seperti terjadi perdarahan,komplikasi infeksi,syok hingga menyebabkan koma,dan kematian ibu jika tidak segera ditangani. Tujuan asuhan ini adalah melaksanakan asuhan pada ibu abortus dengan tepat sehingga tidak menimbulkan komplikasi jangka panjang.


Metode yang digunakan yaitu bentuk laporan kasus dengan pendekatan berdasarkan manajemen kebidanan dalam bentuk pendokumentasian SOAP (subjektif, objektif, analisa, dan penatalaksanaan) dengan hasil yang didapat setelah dilakukan pemantauan yaitu pada tanggal 17 Februari 2023 ibu mengeluhkan keluar bercak darah dari jalan lahir dan merasa sedikit mulas,setelah dilakukan observasi dan penanganan pengeluaran darah berkurang sehingga ibu diperbolehkan untuk pulang tetapi dianjurkan untuk bedrest.Asuhan yang diberikan yaitu terapi obat Allylestrenol,tablet fe,asam folat dan memberikan support emosional. Pada tanggal 18 Februari 2023 ibu datang kembali ke Rumah Sakit mengeluhkan pengeluaran darah semakin banyak disertai dengan gumpalan darah,sehingga diagnosa berubah menjadi abortus inkomplit.Asuhan yang diberikan yaitu dilakukan tindakan kuretase untuk mengeluarkan sisa konsepsi dengan dipasangkan alat laminaria terlebih dahulu.Pasca kuretase perdarahan berkurang dan diperbolehkan pulang setelah satu hari perawatan serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan TORCH karena abortus yang terjadi sudah berulang.Diberikan penanganan abortus inkomplit melalui tindakan kuretase pasien dapat diselamatkan tanpa ada komplikasi.Saran untuk lahan praktik diharapkan dapat melakukan penanganan sesuai dengan kebutuhan pasien dan dilakukan hingga pasien tertangani dengan sempurna.

Article Details

How to Cite
Sadeli, J. (2023). Habitualis abortion : A Case Report Of Pregnancy Care: abortus habitualis : sebuah laporan kasus pada kehamilan. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(3), 728-735. https://doi.org/10.34011/jks.v3i3.1407


Section
Articles

Most read articles by the same author(s)