ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. F DI UPT PUSKESMAS BALUBUR LIMBANGAN KABUPATEN GARUT

Main Article Content

Risna Amalia Dwi Nastiti
Djudju Sriwenda

Abstract

Pelayanan kebidanan komprehensif merupakan rangkaian pelayananterlengkap dengan pemeriksaan sederhana dan konseling kebidanan, meliputi pelayanan kehamilan, persalinan, bayi baru lahir, nifas dan masa antara. Tujuan asuhan ini adalah asuhan komprehensif pada Ny. F dan By. Ny.F dengan menerapkan manajemen kebidanan 7 langkah Varney.


Metode yang digunakan dalam laporan tugas akhir ini adalah studi kasus dengan responden Ny. F dan By. Ny. F, waktu pelaksanaan asuhan dari usia kehamilan 37 minggu sampai 37 hari postpartum, mulai dari bulan Januari - Maret.


Berdasarkan hasil asuhan yang telah dilakukan, pada kehamilan ditemukan masalah yaitu kebutuhan hidrasi yang kurang dan kontraksi palsu atau Braxton hicks. Masalah dapat teratasi dengan konseling mengenai kebutuhan nutrisi dan hidrasi pada ibu hamil dan menjelaskan ketidaknyamanan pada trimester tiga. Pada persalinan tidak ditemukan masalah. Pada nifas ditemukan kesenjangan mengenai pemberian antibiotik.


Berdasarkan asuhan yang telah dilakukan oleh penulis, pemberian asuhan kebidanan komprehensif sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kesehatan ibu maupun bayi.

Article Details

How to Cite
Amalia Dwi Nastiti, R., & Sriwenda, D. (2023). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. F DI UPT PUSKESMAS BALUBUR LIMBANGAN KABUPATEN GARUT. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(2), 828-835. https://doi.org/10.34011/jks.v4i2.1548


Section
Articles