ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. U DENGAN GRANDEMULTIPARA DI PUSKESMAS MALANGBONG KABUPATEN GARUT

Main Article Content

Ninda Ninda Sayyidatun Nissa
Lola Lola Noviani Fadilah

Abstract

Kondisi Grandemultipara merupakan salah satu faktor risiko pada saat kehamilan, persalinan, maupun nifas. Grandemultipara berisiko yang lebih tinggi terkait dengan berbagai kondisi dan komplikasi. Penerapan continuity of care dapat berkontribusi pada hasil yang positif dalam meningkatkan kesehatan ibu serta bayi. Ibu hamil dan deteksi dini dapat ditangani dengan asuhan kebidanan komprehensif untuk mengidentifikasi ibu hamil yang berpotensi mengalami komplikasi atau masalah kesehatan selama kehamilan.


Metode penelitian yang digunakan pada studi kasus ibu hamil yang dilakukan asuhan komprehensif sampai dengan masa nifas. Studi kasus ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Malangbong Garut sejak tanggal 31 Januari 2023 hingga tanggal 19 Maret 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi.


Proses masa kehamilan, masa persalinan, masa nifas, bayi baru lahir dan KB diberikan asuhan dengan hasil yang normal. Hasil studi kasus pada masa kehamilan menunjukkan bahwa ibu dengan grandemultipara, serta dalam masa kehamilannya terdapat ketidaknyamanan berupa sering buang air kecil yang dapat diatasi dengan penerapan mengurangi minum pada malam hari, serta adanya sakit punggung yang dapat diatasi dengan olahraga ringan atau peregangan otot. Pada masa persalinan dan BBL didapatkan dengan hasil yang normal serta bayi telah mendapatkan imunisasi sesuai standar tanda adanya komplikasi. Proses masa nifas berlangsung dengan normal sesuai dengan asuhan yang diberikan, serta ibu telah menggunakan KB IUD pasca persalinan.


Penerapan asuhan komprehensif pada ibu hamil dianjurkan untuk memastikan kesehatan pada ibu dan bayi, serta untuk mencegah terjadinya risiko komplikasi yang mungkin timbul. Deteksi dini dapat diberikan untuk mencegah terjadinya risiko pada ibu hamil.


 

Article Details

How to Cite
Ninda Sayyidatun Nissa, N., & Lola Noviani Fadilah, L. (2024). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. U DENGAN GRANDEMULTIPARA DI PUSKESMAS MALANGBONG KABUPATEN GARUT. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(3), 1168-1175. Retrieved from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1559


Section
Articles