KETUBAN PECAH DINI DENGAN PERDARAHAN : SEBUAH LAPORAN KASUS PERSALINAN KETUBAN PECAH DINI DENGAN PERDARAHAN : SEBUAH LAPORAN KASUS PERSALINAN

Main Article Content

Gina Fitria Auliani
Ni Nyoman Sasnitiari

Abstract

P


Pecahnya ketuban secara awal menjadi penyebab permasalahan akan kasus kegawatdaruratan obstetric. Faktor penyebab terjadi Ketuban pecah dini adalah hubungan seksual, Usia Kehamilan, dan Multipara. Resiko dari ketuban pecah dini bagi ibu adalah infeksi intrapartum, infeksi puerpuralis, partus lama, perdarahan post partum, persalinan preterm, oligohidramnion serta resiko pada bayi yaitu prolapsus tali pusat, asfiksia, prematuritas, sindrom deformitas Menurut Data WHO 2019 KPD di dunia sebanyak 12,3% sedangakan prevalansi di Indonesia sebesar 5,6 %, data SDKI menunjukan KPD sebanyak 19% dan Data rekam medis yang didapatkan di Puskesmas Cijeruk Pada Tahun 2022 mencapai (31,3%). Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini mejadu pengupayahan akan pengasuhan bidan bersalin di Ny. E yang ketubannya pecah dini di Puskesmas.


Metode dipakai untuk Menyusun Laporan Tugas Akhir ini melalui kasus dilaporkan dipendokumentasian secara sistematis mulai data tersubjektif, berobjektif, analisis, serta data Penatalaksanaannya. Untuk teknikal mengumpulkan datanya didapat dari pengobservasian, mewawancarai, pemeriksaan fisik, hingga penelurusan literatur.


            Kesimpulan asuhan adalah asuhan yang diberikan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Tidak ditemukan kesenjangan antara teori dan praktik, Ketuban pecah dini dengan] perdarahan dapat teratasi saran yang diberikan adalah menjaga kesehatan anjurkan ibu untuk ber KB, Mengkonsumsi makan makanan yang berprotein tinggi, dan meminum tablet FE.

Article Details

How to Cite
Fitria Auliani, G. ., & Sasnitiari, N. N. (2023). KETUBAN PECAH DINI DENGAN PERDARAHAN : SEBUAH LAPORAN KASUS PERSALINAN: KETUBAN PECAH DINI DENGAN PERDARAHAN : SEBUAH LAPORAN KASUS PERSALINAN. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(2), 689-693. Retrieved from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1785


Section
Articles