ANALYSIS OF DETERMINANT FACTOR ON PATIENT SATISFACTION BASED ON PATIENT CHARACTERISTICS, FOOD QUALITY AND SERVICE QUALITY
DOI:
https://doi.org/10.34011/jmp2k.v35i4.3013Keywords:
kepuasan pasien, kualitas makanan, kualitas pelayanan, penyelenggaraan makananAbstract
Layanan makanan rumah sakit berperan penting dalam mendukung pemulihan pasien melalui penyediaan nutrisi yang sesuai. Kepuasan pasien terhadap penyelenggaraan makanan dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari aspek makanan maupun pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap penyelenggaraan makanan di rumah sakit. RSUD Balaraja sebagai rumah sakit tipe B belum pernah melakukan penelitian mengenai kepuasan pasien dalam penyelenggaraan makanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanitatif dengan desain cross sectional. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih 102 pasien rawat inap. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan dianalisis menggunakan uji chi-square dan regresi logistik. Variabel dependen yang diteliti adalah kepuasan pasien, sedangkan variabel independen meliputi usia pasien, jenis kelamin, lama tinggal, pendidikan, kualitas makanan, aroma, variasi, tekstur, rasa, penyajian, kebersihan peralatan, ketepatan waktu penyajian, suhu makanan, serta sikap dan penampilan pelayan. Temuan penelitian menunjukkan adanya korelasi signifikan antara kepuasan pasien dan kualitas makanan (p= 0.000), penampilan makanan (p= 0.014), aroma makanan (p= 0.002), variasi makanan (p= 0.004), rasa makanan (p= 0.008), kualitas layanan (p= 0.044), serta sikap pramusaji (p= 0.044). Tingkat kepuasan pasien secara signifikan dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu kualitas makanan (OR= 35.698, nilai p= 0.002), rasanya (OR= 9.055, nilai p= 0.018), dan tampilannya (OR= 0.026, nilai p= 0.030). Hasil penelitian ini mendukung tujuan untuk mengidentifikasi faktor yang memengaruhi kepuasan pasien, dengan menunjukkan bahwa kualitas makanan, rasa dan penyajian merupakan fator utama yang berkontribusi secara signifikan.
References
[1] S. Sholeha, Kusindrati, R. R. Tanuwijaya, and R. Marini, “Pentingnya Kualitas Pelayanan Makanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap,” Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 19, no. 2, pp. 55–58, 2020.
[2] A. Imtiaz, M. Choudry, Z. Ferdous, H. Sultana, M. Rahman, and M. Rashid, “Management of Dietary Services in Secondary Level Hospital,” Asian Journal of Medicine and Helth, vol. 18, no. 1, pp. 48–57, 2020.
[3] A. Triyanto, “Hubungan Antara Ketepatan Waktu Penyajian Makanan dan Rasa Makanan dengan Sisa Makanan Pasien Umum RSUD RAA Soewondo Kabupaten Pati,” Jurna Widya Praja, vol. 2, no. 1, pp. 26–32, 2022.
[4] C. S. Mutia and Rachmawati, “Pengaruh Modifikasi Menu Makanan Lunak Terhadap Tingkat Kepuasan PAsien dan Sisa Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Banda Aceh,” Jurnal SAGO : Gizi dan Kesehatan, vol. 1, no. 2, pp. 152–158, 2020.
[5] S. Juwariyah, D. N. Supriatiningrum, and A. S. Prayitno, “Faktor Kepuasan Pasien Terhadap Waste Makanan Lunak Pada Pasien Diabetes Melitus di RS. Muhammadiyah Gresik,” Ghidza Media Journal, vol. 1, no. 1, pp. 10–18, 2019.
[6] A. D. Rachmawati and C. A. Nurafifah, “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Penyajian dan Pelayanan Makanan di Rumah Sakit ,” Gorontalo Journal of Nutrition Dietetic, vol. 1, no. 2, pp. 37–49, Aug. 2021.
[7] N. S. Alie, R. F. Syamsu, and Dahlia, “Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Layanan dan Kualitas Makanan di Rumah Sakit,” PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 7, no. 3, pp. 16428–16438, 2023.
[8] N. W. Rachmawati, T. S. Kusuma, and F. Husna, “Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Makanan dan Kecukupan Gizi Pada Pasien Non Comunicable Diseases di Rumah Sakit Bersertifikasi Halal,” Journal of Nutrition College, vol. 11, no. 3, pp. 211–219, 2021.
[9] N. H. Ismail, A. H. Masman, M. K. Zaman, and D. Putriana, “Nutritional Status and Factors Affecting Food Intake Among Hospitalised Patients in Hospital Al-Sultan Abdullah,” 11th AMER International Conference on Quality of Life (AicQoL), vol. 8, no. 24, pp. 229–235, 2023.
[10] G. Pretirose, B. Setiaji, and M. D. Sadik, “Faktor-Faktor Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Gladish Medical Center Pesawaran,” Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, vol. 1, no. 15, pp. 202–217, Aug. 2021.
[11] H. Basir and B. Wahyono, “Determinan Kepuasan Pasien pada Pelayanan Rawat Inap di Rumah sakit di Indonesia : Systematic Literature Review,” JKM : Jurnal Kesehatan Mahardika, vol. 10, no. 2, pp. 31–42, Sep. 2023.
[12] Z. I. Nafi’a, “Faktor Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan makanan di Rumah Sakit,” Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo , vol. 7, no. 2, pp. 233–247, 2021.
[13] Nuryani, F. Ramadhani, and A. P. Lestari, “Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Makanan di Instalasi Gizi RSUD Dr. M.M. Dunda Limboto,” Ghidza : Jurnal Gizi dan Kesehatan, vol. 4, no. 2, pp. 166–180, 2020.
[14] R. Esfandiari and M. Wahini, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Makanan,” E-Journal Boga, vol. 5, no. 2, pp. 18–24, 2017.
[15] Y. Hartati, G. Sherly, I. Telisa, A. Siregar, and N. S. Nilawati, “Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Penampilan dan Cita Rasa Makanan Lunak di Rumah Sakit,” Jurnal Pustaka Padi, vol. 2, no. 1, pp. 08–11, 2023.
[16] M. Abduh, T. Alawiyah, G. Apriansyah, R. A. Sirodj, and M. W. Afgani, “Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif,” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 3, no. 01, pp. 31–39, Dec. 2022, doi: 10.47709/jpsk.v3i01.1955.
[17] P. R. Romadloni, “Hubungan Karakteristik Pasien dengan Tingkat Kepuasan Penyajian Makanan (Studi di Ruang Isolasi Covid-19 Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani,” Jurnal Medika Hutama, vol. 3, no. 4, pp. 2981–2991, Jul. 2022.
[18] B. Eninurkhayatun, A. Suryoputro, E. Yunila Fatmasari Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, and F. Kesehatan Masyarakat, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS DUREN DAN PUSKESMAS BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2017,” 2017. [Online]. Available: http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm
[19] R. Mulyani, “Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Gizi Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit,” 2014.
[20] A. Rizal, dan Agus Jalpi, and F. Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, “Analisis Faktor Internal Penentu Kepuasan Pasien Puskesmas Kota Banjarmasin.”
[21] V. J. Bird et al., “In-patient treatment in functional and sectorised care: Patient satisfaction and length of stay,” British Journal of Psychiatry, vol. 212, no. 2, pp. 81–87, Feb. 2018, doi: 10.1192/bjp.2017.20.
[22] M. E. Oroh et al., “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruang Interna Rsud Noongan.”
[23] P. S. Akbar, R. B. Adriani, and B. Murti, “The Influence of Personal Factors of the Patient, Doctor, Payment Method and Type of Class to the Quality and Satisfaction of Inpatient Care Services in Dr. Moewardi Hospital Surakarta,” Journal of Health Policy and Management, vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2017.
[24] W. Widiasari, H. Handiyani, and E. Novieastari, “kepuasan pasien terhadap penerapan keselamatan pasien di rumah sakit,” Jurnal Keperawatan Indonesia, vol. 22, no. 1, pp. 43–52, May 2019, doi: 10.7454/jki.v22i1.615.
[25] D. Sulistiawati et al., “Hubungan Rasa Makanan Dengan Sisa Makanan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari”, [Online]. Available: https://stikesks-kendari.e-journal.id/jikk
[26] N. F. Aminuddin, R. Kumari Vijayakumaran, and S. Abdul Razak, “Patient Satisfaction With Hospital Food service and its Impact on Plate Waste in Public Hospitals in East Malaysia,” Hosp Pract Res, vol. 3, no. 3, pp. 90–97, May 2018, doi: 10.15171/hpr.2018.20.
[27] A. S. Nareswara, “Hubungan Kepuasan Pasien dari Kualitas Makanan Rumah Sakit Dengan Sisa Makanan di RSUD Kota Semarang,” Ilmu Gizi Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 34–39, Aug. 2017.
[28] S. Indraswari, E. L. Achadi, and Mutiara, “Efek Kepuasan Pasien Terhadap Sisa Makan Pada Pasien dengan DIet Lunak,” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, vol. 9, no. 1, pp. 28–34, 2020.
[29] L. Karunia Tanuwijaya et al., “Kepuasan Pasien Terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit,” 2019. [Online]. Available: http://jurnal.unimus.ac.id
[30] D. Abdullah Bin-Ashwan, “Analysis Of Variables Affecting The Satisfaction Levels Of Patients Toward Food Services At King Abdulaziz Hospital , Ministry Of National Guards.Ward 6(Business Center & Mpd).Alhassaeastern Region,.Kingdom Of Saudi Arabia,” 2016. [Online]. Available: www.ijern.com
[31] C. Pratiwi, S. Solin, and M. K. Zega, “Penilaian Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan Instalasi Gizi Rs. Usu,” Pontianak Nutrition Journal, vol. 5, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/PNJ/index
[32] L. Agustina and S. Primadona, “Hubungan Antara Rasa Makanan dan Suhu Makanan dengan Sisa Makanan Lauk Hewani Pada Pasien Anak di Ruang Rawat Inap RUMKITAL dr. Ramelan Surabaya,” Amerta Nutrition, vol. 2, no. 3, p. 245, Aug. 2018.
[33] D. Buton Utara Samsudi, N. Indrayani, N. A. Elyas Sueratman, J. Gizi, and I. Teknologi dan Kesehatan Avicenna, “Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Makanan di Rumah Sakit Umum,” Mei.
[34] U. Muthmainah, R. A. Ahri, and Arman, “Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar,” Journal of Muslim Communith Heatth (JMCH), vol. 2, no. 1, pp. 52–74, Jan. 2020.
[35] Satrianegara, Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Salemba MEdia, 2014.
[36] D. R. Sukadi and S. Wahyuningsih, “kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Gizi di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sunan Kudus di Kabupaten Kudus,” JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, vol. 3, no. 3, pp. 9–17, Aug. 2015.
[37] P. Liliani, “Analisisi Pengaruh Kualitas Makanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Behavioral Intention Restoran Top Yammie,” Jurnal Bina Manajemen, vol. 8, no. 2, pp. 18–48, Mar. 2020.
[38] W. Wijaya, “Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya,” Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, vol. 5, no. 2, 2017.
[39] Supriyono, Y. I. Setyaningrum, and A. Nirbaya, “Hubungan Sikap Ahli Gizi, Sikap Pramusaji Dan Cita Rasa Makanan Terhadap Kepuasan Pasien ,” Jurnal Ilmiah Gizi, vol. 4, no. 1, pp. 16–25, Aug. 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Fitria Damayanti, Putri Ronitawati, Prita Dhyani Swamilaksita, Maya Fernandya Siahaan, Reza Fadhilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


