Asuhan kebidanan komprehensif pada Ny D dengan anemia sedang di puskesmas Balubur Limbangan kota Garut

Main Article Content

Dede Dede Heliyatul Janiyah
Wiwin Wiwin Widayani

Abstract

   


Asuhan kebidanan komprehensif adalah asuhan yang diberikan secara menyeluruh mulai dari masa kehamilan, persalinan, nifas bayi baru lahir, dan keluarga berencana. Tujuan Laporan Tugas Akhir ini adalah memberikan asuhan kebidanan secara komprehensif pada Ny. D dengan anemia sedang. Metode yang digunakan adalah case report, yang  dilaksanakan di Desa Neglasari Kabupaten Garut dari Januari sampai Maret 2023. Subjek pada asuhan ini adalah Ny. D, seorang ibu hamil usia 39  Minggu hingga akhir masa nifas. Pengumpulan data pada laporan tugas akhir ini menggunakan data primer dan sekunder.


Pada asuhan kehamilan, ditemukan kadar Hb 8,5 gr/dl dan diberikan Fe 2 x 60 mg. Saat persalinan ibu mengalami robekan perineum derajat I, dan dilakukan penjahitan perineum karena ada perdarahan aktif. Bayi lahir spontan, tidak ada masalah dan usia 1 hari sudah mendapat imunisasi Hb0. Pada masa nifas, ibu masih mengalami anemia, dan diberikan  Fe 2 x 60 mg, minggu ke6 nifas, ibu memutuskan menggunakan KB suntik 3 bulan.

Article Details

How to Cite
Dede Heliyatul Janiyah, D., & Wiwin Widayani, W. (2024). Asuhan kebidanan komprehensif pada Ny D dengan anemia sedang di puskesmas Balubur Limbangan kota Garut. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(3), 1138-1146. Retrieved from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1567


Section
Articles