LAPORAN KASUS: PERSALINAN DI RUMAH PADA KEHAMILAN KE EMPAT DI DESA BAYONGBONG KABUPATEN GARUT

Main Article Content

Riska Wanda Seviani
Santi Sofiyanti

Abstract

Pilihan tempat bersalin merupakan hak bagi setiap perempuan untuk pengalaman persalinan yang positif. Melahirkan di rumah merupakan pilihan bersalin yang sah dan aman sebagai upaya meningkatkan kepercayaan perempuan terhadap bidan dengan memberikan dukungan secara konsisten melalui asuhan komprehensif.


Pada kasus ini, seorang ibu dengan kehamilan ke empat, ingin bersalin dirumah sesuai kepercayaan dan tradisinya. Asuhan yang berkelanjutan diberikan mulai pada trimester ketiga, advokasi untuk bersalin di fasyankes telah dilakukan namun tidak dapat mengubah keinginannya bersalin di rumah. Pertolongan persalinan dirumah dilakukan dengan berbagai persiapan diantaranya: pendamping persalinan, peralatan, persiapan kebutuhan dasar ibu dan bidan, serta persiapan kegawatdarurata. Saat bersalin terjadi  atonia uteri dan dapat diatasi dengan melakukan manemen atonia uteri. Bendungan ASI yang terjadi pada masa nifas dapat teratasi dengan tindakan perawatan payudara. Tempat bersalin merupakan pilihan setiap wanita, bidan harus menghormati pilihan klien dengan memberikan advokasi pilihan melahirkan. Wanita yang  ingin bersalin di   rumah  harus diberi informasi tentang potensi risiko komplikasi atau kegawatdaruratan yang dapat terjadi pada janin atau ibu secara tiba-tiba yang dapat meningkatkan morbiditas bahkan mortalitas pada ibu atau bayi baru lahir. Persalinan di rumah yang terencana dengan baik adalah satu-satunya pilihan ketika perempuan dan keluarganya bersikeras untuk melakukan persalinan di rumah dan setiap bidan harus bersiap menghadapi setiap kondisi darurat  dan memberikan pertolongan persalinan yang aman di mana pun.

Article Details

How to Cite
Wanda Seviani, R., & Sofiyanti, S. (2023). LAPORAN KASUS: PERSALINAN DI RUMAH PADA KEHAMILAN KE EMPAT DI DESA BAYONGBONG KABUPATEN GARUT . Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(1), 627-635. https://doi.org/10.34011/jks.v4i1.1585


Section
Articles