PENGARUH LAMA PENYIMPANAN DARAH DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) SEBAGAI ANTIKOAGULAN TERHADAP PEMERIKSAAN PROTROMBIN TIME (PT)

Main Article Content

Syifa Marsha
Nina Marliana
Adang Durachim
Yeni Wahyuni

Abstract

Pada pemeriksaan PT antikoagulan yang digunakan adalah natrium sitrat 3,2%. Salah satu bahan alam yang dapat digunakan sebagai antikoagulan alternatif adalah buah mengkudu dikarenakan memiliki banyak kandungan senyawa yang bermanfaat, salah satunya adalah coumarin yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pembentukan bekuan darah. Buah mengkudu dapat menghambat pembuatan faktor koagulasi yang bergantung pada vitamin K (Faktor II/Protrombin, Faktor VII, Faktor IX, dan Faktor X). Hal ini menunjukkan bahwa proses penghambatan buah mengkudu sebagai antikoagulan berikatan dengan enzim vitamin K reduktase dan vitamin K epoksida reduktase. Hal ini dapat menganggu proses koagulasi yang ditandai dengan semakin meningkatnya waktu koagulasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui potensi esktrak buah mengkudu sebagai antikoagulan alternatif terhadap pemeriksaan protrombin time (PT). Jenis penelitian ini adalah merupakan eksperimen yang dilakukan perlakuan esktrak buah mengkudu terhadap pemeriksaan protrombin time (PT). Hasil penelitian dapat disimpulkan ekstrak buah mengkudu dapat digunakan sebagai antikoagulan yang akan menghambat darah 1 ml pada konsentrasi 0,128 g dan 0,192 g pada lama penyimpanan selama 2 jam terhadap pemeriksaan protrombin time (PT) memberikan hasil yang memanjang.

Article Details

How to Cite
Marsha, S., Marliana, N. ., Durachim, A. ., & Wahyuni, Y. (2023). PENGARUH LAMA PENYIMPANAN DARAH DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) SEBAGAI ANTIKOAGULAN TERHADAP PEMERIKSAAN PROTROMBIN TIME (PT). Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(1), 182-189. https://doi.org/10.34011/jks.v4i1.1584


Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>