STABILITAS ASSAYED SERUM CONTROL PENYIMPANAN SUHU 2-8◦C TERHADAP PEMERIKSAAN GLUKOSA DAN SGOT

Main Article Content

Erik Surahmat
Dewi Nurhayati
Nani Kurnaeni
Ani Riyani

Abstract

Pengendalian mutu menjadi kunci bahwa pemeriksaan dilaksanakan dengan akurat dan konsisten. Pemantapan mutu melibatkan dua aspek, yaitu pemantapan mutu internal dan pemantapan mutu eksternal. Pemantapan mutu internal menggunakan bahan kontrol sebagai bahan uji memonitor dan mengawasi tingkat kualitas hasil pemeriksaan yang akurat. Bahan kontrol harus memiliki stabilitas yang tinggi dan dapat diuji dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan mengetahui stabilitas bahan kontrol berupa assayed serum control penyimpanan suhu 2-8C terhadap pemeriksaan glukosa dan SGOT.


Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan pendekatan time series yaitu serum kontrol diperiksa dengan variasi waktu yang berbeda. Dalam penelitian ini menggunakan normal multi control setelah rekonstitusi yang disimpan pada suhu 2-8oC dan waktu pemeriksaan setiap tiga hari sekali dalam kurun waktu tiga puluh hari dengan pengulangan sebanyak empat kali. Dilakukan uji homogenitas dengan mengambil 10 cup bahan kontrol yang diperiksa secara duplo pada parameter glukosa dan SGOT.


Hasil uji statistik dengan General Linear Model (GLM) menunjukkan stabilitas yang baik untuk pemeriksaan glukosa dan SGOT hingga pembacaan hari ke-6.


 


 


 

Article Details

How to Cite
Surahmat, E., Nurhayati, D. ., Kurnaeni, . N. ., & Riyani , A. (2024). STABILITAS ASSAYED SERUM CONTROL PENYIMPANAN SUHU 2-8◦C TERHADAP PEMERIKSAAN GLUKOSA DAN SGOT. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 4(3), 787-793. Retrieved from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1831


Section
Articles